HMI KOMPERTA

Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bangkalan Komisariat Pertanian Universitas Trunojoyo Madura




Gelar Maperca, HMI Komisariat Pertanian Bangkitkan Jiwa Keorganisasian

Foto bersama sesudah acara bersama pemateri

KOMPERTA- Pada Rabu, 21 Agustus 2019, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bangkalan Komisariat Pertanian (HMI KOMPERTA) mengadakan Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA) di kafe Warkopku.

Acara dibuka pukul 19.45 WIB. Ikut hadir pemateri yakni Kakanda Slamet Subari, yang juga merupakan Dekan Fakultas Pertanian, Kakanda Achmad Farid, Wakil Dekan III FP, juga senior-senior KOMPERTA dari berbagai background.

Damayanti, Ketupel Acara, mengatakan bahwa tema acara adalah "Rekonstruksi Paradigma Organisasi untuk Mencapai SDM Unggul". Tema tersebut diambil karena kesadaran pentingnya organisasi sebagai wadah berproses makin terkikis.

Mengutip kata Ali Bin Abi Thalib, Kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah dengan keburukan yang terorganisir dengan baik. Maka, dirasa penting untuk memberikan pemahaman tersebut.

Kakanda Slamet Subari mengatakan, jika Kader HMI mengikuti aturan konstitusi HMI dengan baik, maka outputnya, kader akan menjadi militan.

"Kader akan memiliki jiwa organisasi, jiwa perjuangan, dan jiwa pengabdian yang tinggi," kata Kakanda Slamet, merepresentasikan kondisi jiwa Militansi kader HMI.

Senada dengan itu, Kakanda Achmad Farid, dia mengatakan bahwa dalam HMI, kita diajarkan untuk terbiasa menerima perbedaan.

"Karena HMI itu islam universal. Mau dari ormas manapun, perbedaan disikapi dengan baik. Sebab, kita belajar persatuan, meski berbeda." Terangnya.

Lebih lanjut, Kakanda Farid mengatakan bahwa HMI memiliki tujuan mempersatukan umat islam. Hal ini dapat dilihat dari bermacam-macamnya kader HMI, dan mereka semua diterima dengan baik.

"Ada yang suka salawat, ada yang suka tahlilan, ada yang suka membaca Al-Quran, ada yang pakai kunut dan tidak memakai. Perbedaan disikapi dengan dewasa." papar Kakanda Farid.

Cerminan jiwa toleransi tersebut membuat eksistensi HMI sejak tahun 1947 hingga kini masih bertahan. Terhadap sesama muslim, HMI menggunakan ukhuwah islamiyah; terhadap non muslim, HMI menggunakan ukhuwah insaniyyah.

Sebelum acara ditutup, Kakanda Slamet Subari menambahkan, posisi mahasiswa Pertanian pada masyarakat Indonesia sangat strategis. Hal tersebut disebabkan karena pertanian merupakan sektor penghidupan yang tak bisa dinafikkan. Sementara petani hingga kini menderita, atau lebih tepatnya ada oknum-oknum yang membuat petani menderita.

Kakanda Slamet Subari, saat memberikan pesan sebelum pulang.


"Bangkitnya jiwa organisasi, dipadukan dengan pengetahuan akademis yang kuat dan jiwa perjuangan dan pengabdian, sangat penting untuk memperbaiki nasib pertanian masyarakat kita," pungkasnya.

Yakusa!
HMI Komperta UTM
Labels: KOMPERTA

Thanks for reading Gelar Maperca, HMI Komisariat Pertanian Bangkitkan Jiwa Keorganisasian. Please share...!

0 Komentar untuk "Gelar Maperca, HMI Komisariat Pertanian Bangkitkan Jiwa Keorganisasian"

Back To Top